Silabus Mata Kuliah F P I
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Islam
Bobot : 2 SKS
Fakultas : FTIK
Jurusan :
S-1 Program Khusus Kelas Internasional
A.
Kompetensi
Dengan mengikuti mata
kuliah Filsafat Pendidikan Islam mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai
landasan filosofi dalam memahami teori belajar dan prinsip pembelajaran yang
mendidik
B.
Pengalaman Belajar
Mahasiswa perlu
mengkaji Filsafat Pendidikan Islam. Pengertian filsafat,Filsafat Pendidikan,
dan Filsafat Pendidikan Islam,, Landasan keberadaan ilmu , ontology dan
metafisika, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan Islam,aliran-aliran
filsafat pendidikan, diantaranya idealisme,
realisme,empirisme,nativisme,konvergensi dll. Sejarah perkembangan pemikiran
filsafat dalam pendidikan Islam.
C.
Pokok Bahasan
Pertemuan Ke -
|
Pokok Bahasan
|
1
|
Pengertian
filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
|
2
|
Sejarah
perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
|
3
|
Landasan
keberadaan ilmu Ontologi dan metafisika
|
4
|
Epistemologi
filsafat pendidikan Islam
|
5
|
Aksiologi
filsafat pendidikan Islam
|
6
|
Aliran
Idealisme
|
7
|
Aliran
realisme
|
8
|
U
T S
|
9
|
Aliran
empirisme
|
10
|
Aliran
nativisme
|
11
|
Aliran
konvergensi
|
12
|
Aliran
progresivisme
|
13
|
Aliran
konstruktivisme
|
14
|
Hakekat
manusia dalam pandangan Islam
|
15
|
Evaluasi
|
16
|
U
A S
|
Dosen Pengampu
Nur Khamid, M.Hum
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : FILSAFAT
PENDIDIKAN ISLAM
Fakultas
: FTIK
Program
Studi : S-1 Program Khusus Kelas
Internasional
Semester
: II
Bobot
: 2 sks
Dosen
: Nur Khamid M.Hum
Tujuan
Dapat mengaplikasikan kerangka
berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan Islam.
Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan
memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan Islam
dengan menggunakan teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam secara
teoritis dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan Filsafat Pendidikan Islam
dalam kontek kegiatan kependidikan.
Deskripsi
Filsafat Islam yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan
Filsafat Pendidikan Islam. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan Islam, dibantu memperoleh bekal-bekal
dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan
secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran
filsafat pendidikan islam, serta praktek pendidikan di Indonesia ditinjau dari
filsafat pendidikan Islam. Mata kuliah ini berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori
pendidikan secara
filosofis
Standar Kompetensi
Mampu
memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang
terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan
menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan
tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.
Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan,
mahasiswa diharapkan mampu memahami :
1
|
Pengertian
filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
|
2
|
Sejarah
perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
|
3
|
Landasan
keberadaan ilmu Ontologi dan metafisika
|
4
|
Epistemologi
filsafat pendidikan Islam
|
5
|
Aksiologi
filsafat pendidikan Islam
|
6
|
Aliran
Idealisme
|
7
|
Aliran
realisme
|
8
|
Aliran
empirisme
|
9
|
Aliran
nativisme
|
10
|
Aliran
konvergensi
|
11
|
Aliran
progresivisme
|
12
|
Aliran
konstruktivisme
|
13
|
Hakekat
manusia dalam pandangan Islam
|
14
|
Evaluasi
|
Strategi
Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan
sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama
berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu
pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah
dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran
rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa
metode ceramah, cooperative learning, tanya
jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Referensi
Gunning, dalam langefald.
Aliran-Aliran Pendidikan. Jakarta, Jakarta, Raneka Cipta, 1955
William stren.aliran Konvergensi.
University Harvard.1871-1937
JJ Ruosseau. Aliran
Negativisme.Paris University. 1712-1778.
Uyoh
Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sasyidin
H.W. et al, Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta:
Bumi Aksara, 2007
Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
Abu Ahmadi dan
Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan,
Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2001.
Indrakusuma,
Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan,
Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2003.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2002.
Jalaluddin dan
Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan:
manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
Hasan
Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
Abuddin Nata,
Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
Jujun S. Suriasumantri,
Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 1996.
Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu
Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Bobot Penilaian
a. Kehadiran
: 10 %
b. Tugas :
30 %
c. Aktivitas
Pembelajaran : 10 %
d. UTS
: 25%
e. UAS
: 25 %
Keterangan:
a.
Kehadiran:
10 % dari 14 kali kehadiran
b.
Tugas
c.
Kriteria
evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik
penyampaian
d.
Kriteria
hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan
revisi
e.
Aktivitas pembelajaran
berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab,
dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.
Ujian Tengah
semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari
semester satu perkuliahan
g.
Ujian akhir
semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian
terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh
Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke-
|
Topik
|
Keterangan
|
1
|
1. Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan
penyampaian silabus,
Pengertian filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
|
Penjelasan dosen & tanya jawab
|
2
|
Sejarah
perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
|
Penjelasan dosen & tanya jawab
|
3
|
Landasan keberadaan
ilmu Ontologi dan metafisika
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
4
|
Epistemologi
filsafat pendidikan Islam
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
5
|
Aksiologi
filsafat pendidikan Islam
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
6
|
Aliran
Idealisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
7
|
Aliran
realisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
8
|
Aliran
empirisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
9
|
Aliran nativisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
10
|
Aliran
konvergensi
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
11
|
Aliran
progresivisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
12
|
Aliran
konstruktivisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
13
|
Hakekat
manusia dalam pandangan Islam
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
14
|
Evaluasi
|
|
Dosen Pengampu
Nur Khamid M.Hum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar