Rabu, 03 Agustus 2016

Silabus Mata Kuliah F P I

Mata Kuliah     : Filsafat Pendidikan Islam
Bobot                : 2 SKS
Fakultas            : FTIK
Jurusan             :  S-1 Program Khusus Kelas Internasional

A.    Kompetensi
Dengan mengikuti mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam mahasiswa diharapkan dapat memahami berbagai landasan filosofi dalam memahami teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
B.     Pengalaman Belajar
Mahasiswa perlu mengkaji Filsafat Pendidikan Islam. Pengertian filsafat,Filsafat Pendidikan, dan Filsafat Pendidikan Islam,, Landasan keberadaan ilmu , ontology dan metafisika, epistemologi dan aksiologi filsafat pendidikan Islam,aliran-aliran filsafat pendidikan, diantaranya idealisme, realisme,empirisme,nativisme,konvergensi dll. Sejarah perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam.
C.     Pokok Bahasan
Pertemuan Ke -
Pokok Bahasan
1
Pengertian filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
2
Sejarah perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
3
Landasan keberadaan ilmu Ontologi dan metafisika
4
Epistemologi filsafat pendidikan Islam
5
Aksiologi filsafat pendidikan Islam
6
Aliran Idealisme
7
Aliran realisme
8
U T S
9
Aliran empirisme
10
Aliran nativisme
11
Aliran konvergensi
12
Aliran progresivisme
13
Aliran konstruktivisme
14
Hakekat manusia dalam pandangan Islam
15
Evaluasi
16
U A S


Dosen Pengampu

Nur Khamid, M.Hum



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah           : FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Fakultas                 : FTIK
Program Studi        : S-1 Program Khusus Kelas Internasional
Semester                : II
Bobot                     : 2 sks
Dosen                     : Nur Khamid M.Hum

Tujuan
Dapat mengaplikasikan kerangka berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan Islam. Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan Islam dengan menggunakan teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam secara teoritis dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan Filsafat Pendidikan Islam dalam kontek kegiatan kependidikan.

Deskripsi
Filsafat Islam yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan Islam. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan Islam, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan islam, serta praktek pendidikan di Indonesia ditinjau dari filsafat pendidikan Islam. Mata kuliah ini berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.

Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami :

1
Pengertian filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
2
Sejarah perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
3
Landasan keberadaan ilmu Ontologi dan metafisika
4
Epistemologi filsafat pendidikan Islam
5
Aksiologi filsafat pendidikan Islam
6
Aliran Idealisme
7
Aliran realisme
8
Aliran empirisme
9
Aliran nativisme
10
Aliran konvergensi
11
Aliran progresivisme
12
Aliran konstruktivisme
13
Hakekat manusia dalam pandangan Islam
14
Evaluasi



   
  Strategi Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa metode ceramah, cooperative learning, tanya jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Referensi
Gunning, dalam langefald. Aliran-Aliran Pendidikan. Jakarta, Jakarta, Raneka Cipta, 1955
William stren.aliran Konvergensi. University Harvard.1871-1937
JJ Ruosseau. Aliran Negativisme.Paris University. 1712-1778.
Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009. 
Sasyidin H.W. et al,  Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.


Bobot Penilaian



a.       Kehadiran                              : 10 %
b.      Tugas                                     : 30 %
c.       Aktivitas Pembelajaran          : 10 %
d.      UTS                                        : 25%
e.       UAS                                       : 25 %




Keterangan:
a.       Kehadiran: 10 % dari 14 kali kehadiran
b.      Tugas
c.       Kriteria evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
d.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi
e.       Aktivitas pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.      Ujian Tengah semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari semester satu perkuliahan
g.       Ujian akhir semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh



Rencana Perkuliahan




Pertemuan ke-
Topik
Keterangan
1
1. Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan penyampaian silabus, Pengertian filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan islam
Penjelasan dosen & tanya jawab
2
Sejarah perkembangan pemikiran filsafat dalam pendidikan Islam
Penjelasan dosen & tanya jawab
3
Landasan keberadaan ilmu Ontologi dan metafisika
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
4
Epistemologi filsafat pendidikan Islam
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
5
Aksiologi filsafat pendidikan Islam
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
6
Aliran Idealisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
7
Aliran realisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
8
Aliran empirisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
9
Aliran nativisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
10
Aliran konvergensi
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
11
Aliran progresivisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
12
Aliran konstruktivisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
13
Hakekat manusia dalam pandangan Islam
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
14
Evaluasi



Dosen Pengampu



Nur Khamid M.Hum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar