Jumat, 26 Agustus 2016

Outline Maku Fils. Ilmu

OUTLINE MATAKULIAH

FILSAFAT  ILMU

Semester Ganjil 2016
                                                                                                                                                                                                                     

Pengantar


1.      Program Studi                   : Filsafat Ilmu
2.      Kelas/Hari/jam/RuangKuliah        :
3.      Dosen                                : Nur Khamid M.Hum
4.      Office and hours               : Fakultas Ushuluddin,Adab dan Humaniora  08.45 – 12.00 (Senin, SelasadanRabu)
5.      Messages/Konsultasi         : Telp. 085602104857


1.      ARTI PENTING MATAKULIAH
Secara umum filsafat membantu kita memahami bahwa sesuatu tidak selalu tampak seperti apa adanya, filsafat membantu kita mengerti tentang diri kita sendiri dan dunia kita, karena filsafat mengajarkan bagaimana kita bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar. Filsafat membuat kita lebih kritis. Filsafat mengajarkan pada kita bahwa apa yang mungkin kita terima begitu saja ternyata salah atau menyesatkan atau hanya merupakan sebagian dari kebenaran.Filsafat mengembangkan kemampuan kita dalam: Menalar secara jelas, membedakan argumen yang baik dan yang buruk, menyampaikan pendapat (lesan dan tertulis) secara jelas,  melihat sesuatu melalui kacamata yang lebih luas, melihat dan mempertimbangkan pendapat dan pandangan yang berbeda.
Dengan mempelajari karya-karya para pemikir besar, para filsuf dalam sejarah dan tradisi filsafat, kita akan melihat betapa besar sesungguhnya pengaruh filsafat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Filsafat memberi bekal dan kemampulan pada kita untuk memperhatikan pandangan kita sendiri dan pandangan orang lain dengan kritis. Kadang ini memang bisa mendorong kita menolak pendapat-pendapat yang telah ditanamkan pada kita, tetapi filsafat juga memberikan kita cara-cara berfikir baru dan yang lebih kreatif dalam mengahadapi masalah yang mungkin tidak dapat dipecahkan dengan cara lain.Kemampuan berfikir secara jernih, menalar secara logis, mengajukan dan menilai argumen, menolak asumsi yang diterima begitu saja, dan pencarian akan prinsip-prinsip pemikiran dan tindakan yang koheren.

2.      KOMPETENSI MATAKULIAH

a.      Capaian Pembelajaran Lulusan (StandarKompetensi)
Mahasiswamampumenguraikanmasalahfilsafatilmuberdasarkanteori-teori yang ada, dalambentukmakalah.

b.      Kemampuan Akhir Tahapan memenuhi capaian Pembelajaran Lulusan (KompetensiDasar)

1.Mampu menguraikan Visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu dalam bentuk Ringkasan 5 paragraf
2. Mampu menguraikan pengertian,objekdanstrukturpembahasanfilsafat dalam bentuk makalah
7 hlm.
3.Mampu menguraikan kelahiranfilsafat: dan asalmula filsafat  dalammakalah7 hlm.
4.Mampu munguraikan sifatdasarberfikirkefilsafatan dalam bentuk makalah7 hlm.
5.Mampu munguraikan a.Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat b.Pengertian Filsafat Ilmuc.Tujuan Filsafat Ilmudalam bentuk makalah 8 hlm.
6. Mampu munguraikan Sejarah Perkembangan Ilmub.Landasan Ilmu pada Zaman Yunani dalam bentuk makalah +5 hlm
7. Mampu munguraikan Perkembangan Ilmu dalam Islamdalam bentuk makalah +5 hlm
8. Mampu munguraikan Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Moderndalam bentuk makalah +5 hlm
9. Mampu munguraikan Kemajuan Ilmu Zaman Kontemporerdalam bentuk makalah +5 hlm
10. Mampu munguraikan Arti Kebenaran,Teori-Teori Kebenaran,Sifat Kebenaran Ilmiahdalam bentuk makalah +5 hlm
11. Mampu munguraikan Ontologi : Hakikat Ilmu,Epistemology:Cara MendapatkanPengetahuanAksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu dalam bentukmakalah +5 hlm
12. Mampu munguraikan tentang Sarana Ilmiahberupa a.Bahasab.Matematikac.Statistikdan.Logika.dalam bentuk makalahmakalah +5 hlm
13. Mampu munguraikan Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?dalam bentuk makalah +5 hlm
14. Mampu munguraikan tentang“Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaandalam bentuk makalah +5 hlm







3.       DESAIN MATERI/STANDAR ISI PEMBELAJARAN


Oval: VisiMisidanpersepsiFilsafatIlmu
 




Oval: MoralitasIlmuPengetahuanOval: SaranaIlmiahMembentuk
 


Oval: FilsafatIlmuAlatbuktiMembentuk

Oval: RuangLingkupPerantara
Mencangkup
Oval: Sejarahperkembanganilmu               Dilatar belakangi
Oval: KebenaranilmiahPerantara                                                                Dari perspektif

Terdiri dari
Dibentuk dari
Oval: Ontologi,epitemologidanaksiologi
Oval: Konsepdandasarberfikirfils.
 









Menjawab


Oval: TantangandanmasadepanIlmu 









           
MARAJI’ (Referensi)


AmsalBahtiar. FilsafatIlmu. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada, 2004.
John Losee. A Historical Introduction to the Philosophy of Science, Fourth edition. New York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun S. Suriasumantri. FilsafatIlmu: SebuahPengantarPopuler. Jakarta: PustakaSinarHarapan, 2007.
Louis O. Katsoff. PengantarFilsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad Adib. FilsafatIlmu. Yogyakarta: PustakaPelajar, 2011.
Peter S. Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg: Edinburg University Press, 2007.
Peter Machamer. The Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts: Blackwell Publishers Ltd, 2002.
RedjaMudyahardjo. FilsafatIlmuPendidikan: SuatuPengantar. Bandung: Rosda, 2001.
SahotraSarkar. The Philosophy of Science, An Encyclopedia. New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2006.
SeyyedHossein Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. New York: State University of New York Press, 2006.
Stefano Gattei. Philosophy of Science. New York: Madison Ave, 2009.
The Liang Gie. PengantarFilsafatIlmu. Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim DosenFilsafatIlmu. FilsafatIlmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairinidkk. FilsafatPendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara, 1995


4.      ALOKASI WAKTU RENCANA PERKULIAHAN

Time line / Alokasiwaktu
No
Tanggal.
Topikperkuliahan
1

Orientasi Perkuliahan
Maksuddantujuan, Penjelasan topik-topik,Penjelasan sistem perkuliahan, Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
2

KonsepFilsafatdanDasarBerfikirFilsafat
Pengertian, objekdanstrukturpembahasanfilsafat, Kelahiranfilsafat: asalmuladanSifatdasarberfikirkefilsafatan
3



RuangLingkupdanCabang-CabangKajianFilsafat
·    Kedudukanfilsafatdalamilmupengetahuan

4

RuangLingkupFilsafatIlmu
·   Ilmu sebagai Objek Kajian FilsafatPengertian Filsafat Ilmu,Tujuan Filsafat Ilmu
5

Sejarah Perkembangan Ilmu
Landasan Ilmu pada Zaman Yunani, Perkembangan Ilmu dalam Islam
·   Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern, Kemajuan Ilmu Zaman Kontemporer
6

Hakikat Pengetahuan
·   Definisi dan Jenis Pengetahuan, Hakikat dan Sumber Pengetahuan
7

Kebenaran Ilmiah
Arti Kebenaran, Teori-Teori Kebenaran, Sifat Kebenaran Ilmiah
8

Ontologi : Hakikat Ilmu
9

* Epistemology: Cara MendapatkanPengetahuan
10

Ujian Tengah Semester
11

Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
12

Struktur Ilmu Pengetahuan
·    Metode Ilmiah, Teori, Hipotesis, Logika, Data-Informasi, Pembuktian, Evaluasi
·    Paradigma
13

Sarana Ilmiah
·Bahasa, Matematika, Statistik, Logika
14

Moralitas Ilmu Pengetahuan
·   Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?, Moralitas Ilmu Pengetahuan
15

Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
·    Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
·    Agama, Ilmu, dan Masa Depan Manusia
16

Ujian Akhir Semester



5.      STANDAR PENILAIAN/EVALUASI PEMBELAJARAN

No
Asigments
Bobot
Due time
1
Laporantopikperkuliahanmingguan   
20 %
Sebelumkuliahdimulai
2
Partisipasikelas: pertanyaandanataukomentar.           
25 %

3
2 Laporanjurnal                                  
15 %
25 Maret 2015 di kelas
4
1Paper
40 %
Seminggu setelah Kuliah Terakhir
5

100%


6.    DESKRIPSI TUGAS
a.    Laporantopikperkuliahanmingguansecara individual: tugasmempersiapkanbahankuliahsecara individual sesuaidengan topic.
b.    Partisipasikelas: keaktifanmemberikankontribusipemikiranbaikberupapertanyaanmaupunkomentardalamsuasanabebasresiko (free risk environment).
c.    Laporanjurnal: membuatdualaporansebagaikritikartikelditerbitkan di jurnalilmiah.
d.   WaraqahShagirah/paper: satukaryailmiahdenganmelakukansatuanalisistentangkefilsafatanbahasa. (Diharapkan paper inidimungkinkanuntukdikembangkanmenjadisatuskripsiuntukmerampungkankuliah S-1).


7.    STANDAR PROSES/ STRATEGI PEMBELAJARAN
Untukmencapaikompetensi, matakuliahinimenggunakanduatarget:
Pertama: Produk: a.Pembuatanmakalahfilsafat ilmusecara individual, b. Laporanjurnal individual, c. Presentasihasil/laporantopikperkuliahan. Kedua: Prosesyaitu  menggunakanstrategiActive LearningatauStudent Center Learning,tugas-tugasformatifmenggunakanClassromm Assessment Technique.


8.      FORMAT DAN SISTIMATIKA  PAPER
1.     Format makalah :
a.Jumlah halaman hanya antara 10 s/d 13. Jarak 1.5 spasi.
b.Satu model translitrasi.
c.Catatan berada di kaki (footnote), tidak masuk tulisan ataupun di akhir tulisan (end-note)

2.     Sistematika Paper :
a.     Pendahuluan, mencakup@ 2 paragraf)
1.     Latarbelakangmasalah (satuparagraf)
2.     Masalah yang akan diteliti dinyatakan dengan JELAS secara tertulis (satu paragraf)
3.     Bahasabersifatkemungkinan
b.     Isi adalah :
1.    Pembuktianterhadaptesis yang telahdikemukakandalampendahuluanberdasarkansatu pendekatan tertentu.
2.    Bahasa bersifat menduga terhadap pokok persoalan.
c.     Kesimpulan :
1.    Re-statement ataupernyataanulangmasalah yang dimuatdalampendahuluan ( 2 paragraf)
2.    Bahasa bersifat menguatkan pikiran-pikiran yang telah dikemukakan.
d.      Bibliografi :
Gunakan paling tidak  2 (dua) jurnalpenelitiantentangFilsafatIlmu          

9.      FORMAT DAN SISTIMATIKA LAPORAN JURNAL
1.    Format LaporanJurnal :Jumlah halaman hanya 1 s/d 2 saja, Jarak 1.5 spasi, Ukurankertaskwarto.
2.    Isi LaporanJurnal:
a.    Siapapenulisartikelitu?
b.    Apa isi pokok atau garis besar artikel itu?
c.    Apa kelebihan artikel itu sesuai dengan pespektif yang saudara kembangkan?
d.   Apa kelemahan atau kekurangan artikel itu?
e.    Apa rekomendasi anda dari isi artikel itu untuk matakuliah yang saudara ambil atau orang yang akan mengambilnya?

10.   STANDAR DAN KRITERIA TUGAS MAKALAH

No
NILAI

UNSUR dan KRITERIA




1
(15 %)

5
4
3
2
1

Pendahuluan


Menyatakanjelastesisataupokokmasalah, teori yang digunakandanlatartesis.
Lebihlemah dari versi 5
Pendahuluanterlalupanjang. Kerangkafikirdiungkapkantetapitidakjelas
Lebihlemah dari versi 3
Sedikitatautidak ada usahadeskripsikerangkafikirdalampendahuluanataudeskripsi.




2
(50 %)

5
4
3
2
1

KualitasArgumen


Mengembangkanargumenlogis, ide yang relevandenganbukti yang jelas.
Lebihlemahdariversi 5
Beberapaaspekargumendanpenggunaanbukti-buktilemah
Lebihlemahdariversi 3
Kelemahanterbesardalamargumendanpenggunaanbuktiatautidakadaargumen.




3
(20 %)

5
4
3
2
1

PenggunaanBukti-Bukti


Menggunakanbukti-bukti. Memperlihatkan hubungan antara bukti dan kerangka fikir
Lebih lemah dari versi 5
Beberapa pencantuman materi yang tidak relevan.
Lebih lemah dari versi 3
Kebanyakanmateritidakrelevan




4
(5 %)

5
4
3
2
1

Presentasi


Penggunaanbahasa yang efektifdanbenar. Referensitepat. Jelas
Lebihlemahdariversi 5
Beberapakesalahankecildalamtatabahasa, sintaksis dan pengacuan. Cukupjelas
Lebihlemahdariversi 3
Banyakkesalahan. Tidakjelas





5
(10 %)

5
4
3
2
1

Kesimpulan


Menggambarkanuraianargumen. yang koherenterhadappertanyaan
Lebihlemahdariversi 5
Kesimpulanjelasberdasarkanargumendanbukti-bukti yang disajikan
Lebihlemahdariversi 3
Sedikit/tidakadakesimpulan/tidakberdasarkanargumendanbuktidalammakalah



11.  STANDAR DAN KRITERIA PENILAIAN RESENSI JURNAL

No.
STANDAR
KRITERIA


1
10 %
4
3
2
1
Pengarang atau Penulis Buku atau Artikel
Deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan pengarang.
Lebih lemah dari versi 3
Sangat kurang deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan pengarang
Tidak ada deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan pengarang


2
15 %
3
2
1
Isi PokokAtauGarisBesarBukuatauArtikel
Deskripsiutuh ( holistic) isipokokataugarisbesartulisan
Lebihlemahdariversi 3
Sangatkurangdeskripsiisipokokataugarisbesartulisandanbeberapamateritidakrelevan


3
30 %
3
2
1
KelebihanBukuatauArtikel
Deskripsi substansial lima-tujuh (5-7) kelebihan isi tulisan.
Deskripsi substansial dan superfisial lima-tujuh (5-7) kelebihan isi tulisan.
Deskripsi superfisial lima-tujuh (5-7) kelebihan isi tulisan.


4
30 %
3
2
1
KekuranganBukuatauArtikel
Deskripsi substansial lima-tujuh (5-7) kelemahan isi tulisan.
Deskripsi substansial dan superfisial lima-tujuh (5-7) kelemahan isi tulisan.
Deskripsi superfisial lima-tujuh (5-7) kelemahan isi tulisan.


5
15 %
3
2
1
Rekomendasi
Deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel atau buku dengan mata kuliah
Kurang deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel atau buku dengan mata kuliah
Sangat kurang deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel atau buku dengan mata kuliah



SARAN-SARAN

1      Hal-hal yang kurangjelas, silahkankontak di dalamkelasatau di kampus (08156892190).
2      Biasakanlahbekerjadenganrencana/jadwal. Sangatkurangarifmenunda-nundapekerjaan, apalagiketikapekerjaan yang membutuhkanperenungandanrefleksi.
3      Jadwallahtugas-tugaskuliahandakhususnya yang menuntutpenulisanmakalah-makalah.
4      Butir 1,2 dan 3 sangat membantu anda tidak mengalami stress/kesulitan di belakang hari.
5      Selamatbekerjakeras! DO YOUR BEST!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar