OUTLINE MATAKULIAH
FILSAFAT ILMU
Semester Ganjil 2016
Pengantar
1. Program Studi : Filsafat
Ilmu
2. Kelas/Hari/jam/RuangKuliah :
3. Dosen : Nur
Khamid M.Hum
4. Office and hours : Fakultas
Ushuluddin,Adab dan Humaniora 08.45
– 12.00 (Senin, SelasadanRabu)
5.
Messages/Konsultasi : Telp. 085602104857
1.
ARTI PENTING
MATAKULIAH
Secara umum filsafat
membantu kita memahami bahwa sesuatu tidak selalu tampak seperti apa adanya, filsafat
membantu kita mengerti tentang diri kita sendiri dan dunia kita, karena filsafat
mengajarkan bagaimana kita bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan mendasar. Filsafat membuat kita lebih kritis. Filsafat
mengajarkan pada kita bahwa apa yang mungkin kita terima begitu saja ternyata
salah atau menyesatkan atau hanya merupakan sebagian dari kebenaran.Filsafat
mengembangkan kemampuan kita dalam: Menalar
secara jelas, membedakan argumen yang baik dan yang buruk, menyampaikan
pendapat (lesan dan tertulis) secara jelas, melihat
sesuatu melalui kacamata yang lebih luas, melihat dan mempertimbangkan pendapat
dan pandangan yang berbeda.
Dengan mempelajari karya-karya
para pemikir besar, para filsuf dalam sejarah dan tradisi filsafat, kita akan
melihat betapa besar sesungguhnya pengaruh filsafat terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan. Filsafat memberi bekal dan kemampulan pada kita untuk
memperhatikan pandangan kita sendiri dan pandangan orang lain dengan kritis.
Kadang ini memang bisa mendorong kita menolak pendapat-pendapat yang telah
ditanamkan pada kita, tetapi filsafat juga memberikan kita cara-cara berfikir
baru dan yang lebih kreatif dalam mengahadapi masalah yang mungkin tidak dapat
dipecahkan dengan cara lain.Kemampuan berfikir secara jernih, menalar secara
logis, mengajukan dan menilai argumen, menolak asumsi yang diterima begitu
saja, dan pencarian akan prinsip-prinsip pemikiran dan tindakan yang koheren.
2.
KOMPETENSI
MATAKULIAH
a.
Capaian
Pembelajaran Lulusan (StandarKompetensi)
Mahasiswamampumenguraikanmasalahfilsafatilmuberdasarkanteori-teori yang ada, dalambentukmakalah.
b.
Kemampuan Akhir Tahapan memenuhi
capaian Pembelajaran Lulusan (KompetensiDasar)
1.Mampu menguraikan Visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat
Ilmu dalam bentuk Ringkasan 5 paragraf
2. Mampu menguraikan pengertian,objekdanstrukturpembahasanfilsafat dalam bentuk makalah
7 hlm.
3.Mampu menguraikan kelahiranfilsafat: dan asalmula filsafat dalammakalah7 hlm.
4.Mampu munguraikan sifatdasarberfikirkefilsafatan
dalam bentuk makalah7 hlm.
5.Mampu munguraikan a.Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat b.Pengertian
Filsafat Ilmuc.Tujuan Filsafat Ilmudalam
bentuk makalah 8 hlm.
6. Mampu munguraikan Sejarah Perkembangan Ilmub.Landasan Ilmu pada Zaman Yunani dalam bentuk makalah +5 hlm
7. Mampu
munguraikan Perkembangan Ilmu
dalam Islamdalam bentuk makalah +5 hlm
8. Mampu
munguraikan Kemajuan Ilmu Zaman
Renaisans dan Moderndalam bentuk makalah +5 hlm
9. Mampu munguraikan Kemajuan Ilmu Zaman
Kontemporerdalam bentuk makalah +5 hlm
10. Mampu munguraikan Arti Kebenaran,Teori-Teori Kebenaran,Sifat Kebenaran Ilmiahdalam bentuk makalah +5 hlm
11. Mampu munguraikan Ontologi : Hakikat Ilmu,Epistemology:Cara
MendapatkanPengetahuanAksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu dalam bentukmakalah +5 hlm
12. Mampu munguraikan tentang Sarana Ilmiahberupa a.Bahasab.Matematikac.Statistikdan.Logika.dalam bentuk
makalahmakalah +5 hlm
13. Mampu
munguraikan “Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?”dalam bentuk makalah +5 hlm
14. Mampu
munguraikan tentang“Kemajuan Ilmu dan
Krisis Kemanusiaan”dalam bentuk makalah +5 hlm
3. DESAIN MATERI/STANDAR ISI PEMBELAJARAN
Membentuk
AlatbuktiMembentuk
Perantara
Mencangkup
Dilatar belakangi
Perantara
Dari perspektif
Terdiri dari
Dibentuk dari
Menjawab
MARAJI’
(Referensi)
AmsalBahtiar. FilsafatIlmu. Jakarta: PT.
RajaGrafindoPersada, 2004.
John Losee. A Historical Introduction to the Philosophy of Science,
Fourth edition. New York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun S. Suriasumantri. FilsafatIlmu: SebuahPengantarPopuler.
Jakarta: PustakaSinarHarapan, 2007.
Louis O.
Katsoff. PengantarFilsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad
Adib. FilsafatIlmu. Yogyakarta: PustakaPelajar, 2011.
Peter S.
Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg: Edinburg University
Press, 2007.
Peter Machamer. The Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts:
Blackwell Publishers Ltd, 2002.
RedjaMudyahardjo. FilsafatIlmuPendidikan:
SuatuPengantar. Bandung: Rosda, 2001.
SahotraSarkar. The Philosophy of Science, An Encyclopedia. New
York: Routledge Taylor & Francis Group, 2006.
SeyyedHossein Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The
Present. New York: State University of New York Press, 2006.
Stefano Gattei. Philosophy of Science. New York: Madison
Ave, 2009.
The Liang
Gie. PengantarFilsafatIlmu. Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim DosenFilsafatIlmu. FilsafatIlmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairinidkk. FilsafatPendidikan
Islam. Jakarta: BumiAksara, 1995
4.
ALOKASI WAKTU RENCANA
PERKULIAHAN
Time line /
Alokasiwaktu
No
|
Tanggal.
|
Topikperkuliahan
|
1
|
|
Orientasi Perkuliahan
Maksuddantujuan,
Penjelasan topik-topik,Penjelasan sistem
perkuliahan, Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
|
2
|
|
KonsepFilsafatdanDasarBerfikirFilsafat
Pengertian,
objekdanstrukturpembahasanfilsafat, Kelahiranfilsafat:
asalmuladanSifatdasarberfikirkefilsafatan
|
3
|
|
RuangLingkupdanCabang-CabangKajianFilsafat
· Kedudukanfilsafatdalamilmupengetahuan
|
4
|
|
RuangLingkupFilsafatIlmu
· Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat, Pengertian
Filsafat Ilmu,Tujuan Filsafat Ilmu
|
5
|
|
Sejarah Perkembangan Ilmu
Landasan Ilmu pada Zaman Yunani, Perkembangan Ilmu dalam Islam
· Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern, Kemajuan Ilmu
Zaman Kontemporer
|
6
|
|
Hakikat Pengetahuan
· Definisi dan Jenis Pengetahuan, Hakikat dan Sumber Pengetahuan
|
7
|
|
Kebenaran Ilmiah
Arti Kebenaran, Teori-Teori Kebenaran, Sifat Kebenaran
Ilmiah
|
8
|
|
Ontologi : Hakikat Ilmu
|
9
|
|
* Epistemology: Cara
MendapatkanPengetahuan
|
10
|
|
Ujian Tengah Semester
|
11
|
|
Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
|
12
|
|
Struktur Ilmu Pengetahuan
· Metode Ilmiah, Teori, Hipotesis, Logika, Data-Informasi, Pembuktian, Evaluasi
· Paradigma
|
13
|
|
Sarana Ilmiah
·Bahasa, Matematika, Statistik, Logika
|
14
|
|
Moralitas Ilmu Pengetahuan
· Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?, Moralitas Ilmu
Pengetahuan
|
15
|
|
Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
· Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
· Agama, Ilmu, dan Masa Depan Manusia
|
16
|
|
Ujian Akhir Semester
|
5. STANDAR PENILAIAN/EVALUASI PEMBELAJARAN
No
|
Asigments
|
Bobot
|
Due time
|
1
|
Laporantopikperkuliahanmingguan
|
20 %
|
Sebelumkuliahdimulai
|
2
|
Partisipasikelas: pertanyaandanataukomentar.
|
25 %
|
|
3
|
2 Laporanjurnal
|
15 %
|
25 Maret 2015 di kelas
|
4
|
1Paper
|
40 %
|
Seminggu setelah Kuliah
Terakhir
|
5
|
|
100%
|
|
6.
DESKRIPSI TUGAS
a.
Laporantopikperkuliahanmingguansecara individual: tugasmempersiapkanbahankuliahsecara
individual sesuaidengan topic.
b.
Partisipasikelas:
keaktifanmemberikankontribusipemikiranbaikberupapertanyaanmaupunkomentardalamsuasanabebasresiko
(free risk environment).
c. Laporanjurnal:
membuatdualaporansebagaikritikartikelditerbitkan di jurnalilmiah.
d.
WaraqahShagirah/paper:
satukaryailmiahdenganmelakukansatuanalisistentangkefilsafatanbahasa.
(Diharapkan paper inidimungkinkanuntukdikembangkanmenjadisatuskripsiuntukmerampungkankuliah
S-1).
7.
STANDAR PROSES/
STRATEGI PEMBELAJARAN
Untukmencapaikompetensi,
matakuliahinimenggunakanduatarget:
Pertama: Produk: a.Pembuatanmakalahfilsafat ilmusecara individual, b. Laporanjurnal individual, c. Presentasihasil/laporantopikperkuliahan. Kedua: Prosesyaitu menggunakanstrategiActive LearningatauStudent Center Learning,tugas-tugasformatifmenggunakanClassromm Assessment Technique.
8.
FORMAT DAN
SISTIMATIKA PAPER
1.
Format makalah :
a.Jumlah halaman hanya antara 10 s/d 13. Jarak
1.5 spasi.
b.Satu model translitrasi.
c.Catatan berada di kaki (footnote), tidak masuk tulisan ataupun di akhir
tulisan (end-note)
2.
Sistematika Paper :
a. Pendahuluan, mencakup@ 2 paragraf)
1. Latarbelakangmasalah
(satuparagraf)
2. Masalah yang akan diteliti dinyatakan dengan JELAS secara tertulis (satu
paragraf)
3. Bahasabersifatkemungkinan
b. Isi adalah :
1. Pembuktianterhadaptesis
yang telahdikemukakandalampendahuluanberdasarkansatu pendekatan
tertentu.
2.
Bahasa bersifat menduga
terhadap pokok persoalan.
c.
Kesimpulan :
1. Re-statement
ataupernyataanulangmasalah yang dimuatdalampendahuluan ( 2 paragraf)
2.
Bahasa bersifat menguatkan
pikiran-pikiran yang telah dikemukakan.
d. Bibliografi :
Gunakan paling
tidak 2 (dua) jurnalpenelitiantentangFilsafatIlmu
9.
FORMAT DAN
SISTIMATIKA LAPORAN JURNAL
1.
Format LaporanJurnal :Jumlah
halaman hanya 1 s/d 2 saja, Jarak 1.5 spasi, Ukurankertaskwarto.
2.
Isi LaporanJurnal:
a.
Siapapenulisartikelitu?
b.
Apa isi pokok atau garis besar
artikel itu?
c.
Apa kelebihan artikel itu
sesuai dengan pespektif yang saudara kembangkan?
d.
Apa kelemahan atau kekurangan
artikel itu?
e.
Apa rekomendasi anda dari isi
artikel itu untuk matakuliah yang saudara ambil atau orang yang akan
mengambilnya?
10.
STANDAR DAN KRITERIA TUGAS MAKALAH
No
|
NILAI
|
UNSUR dan
KRITERIA
|
1
|
(15 %)
5
4
3
2
1
|
Pendahuluan
Menyatakanjelastesisataupokokmasalah, teori yang
digunakandanlatartesis.
Lebihlemah dari versi
5
Pendahuluanterlalupanjang.
Kerangkafikirdiungkapkantetapitidakjelas
Lebihlemah dari versi
3
Sedikitatautidak ada
usahadeskripsikerangkafikirdalampendahuluanataudeskripsi.
|
2
|
(50 %)
5
4
3
2
1
|
KualitasArgumen
Mengembangkanargumenlogis, ide yang relevandenganbukti yang jelas.
Lebihlemahdariversi 5
Beberapaaspekargumendanpenggunaanbukti-buktilemah
Lebihlemahdariversi 3
Kelemahanterbesardalamargumendanpenggunaanbuktiatautidakadaargumen.
|
3
|
(20 %)
5
4
3
2
1
|
PenggunaanBukti-Bukti
Menggunakanbukti-bukti. Memperlihatkan hubungan
antara bukti dan kerangka fikir
Lebih lemah dari versi 5
Beberapa pencantuman
materi yang tidak relevan.
Lebih lemah dari versi
3
Kebanyakanmateritidakrelevan
|
4
|
(5 %)
5
4
3
2
1
|
Presentasi
Penggunaanbahasa yang
efektifdanbenar. Referensitepat. Jelas
Lebihlemahdariversi 5
Beberapakesalahankecildalamtatabahasa,
sintaksis dan pengacuan. Cukupjelas
Lebihlemahdariversi 3
Banyakkesalahan.
Tidakjelas
|
5
|
(10 %)
5
4
3
2
1
|
Kesimpulan
Menggambarkanuraianargumen.
yang koherenterhadappertanyaan
Lebihlemahdariversi 5
Kesimpulanjelasberdasarkanargumendanbukti-bukti
yang disajikan
Lebihlemahdariversi 3
Sedikit/tidakadakesimpulan/tidakberdasarkanargumendanbuktidalammakalah
|
11. STANDAR DAN KRITERIA PENILAIAN RESENSI JURNAL
No.
|
STANDAR
|
KRITERIA
|
1
|
10
%
4
3
2
1
|
Pengarang atau Penulis Buku
atau Artikel
Deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan pengarang.
Lebih lemah dari versi 3
Sangat kurang deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan
pengarang
Tidak ada deskripsi yang akurat tentang latar belakang keilmuan pengarang
|
2
|
15
%
3
2
1
|
Isi PokokAtauGarisBesarBukuatauArtikel
Deskripsiutuh ( holistic) isipokokataugarisbesartulisan
Lebihlemahdariversi
3
Sangatkurangdeskripsiisipokokataugarisbesartulisandanbeberapamateritidakrelevan
|
3
|
30 %
3
2
1
|
KelebihanBukuatauArtikel
Deskripsi substansial lima-tujuh (5-7) kelebihan isi tulisan.
Deskripsi substansial dan superfisial lima-tujuh (5-7)
kelebihan isi tulisan.
Deskripsi superfisial lima-tujuh (5-7) kelebihan isi tulisan.
|
4
|
30 %
3
2
1
|
KekuranganBukuatauArtikel
Deskripsi substansial lima-tujuh (5-7) kelemahan isi tulisan.
Deskripsi substansial dan superfisial lima-tujuh (5-7)
kelemahan isi tulisan.
Deskripsi superfisial lima-tujuh (5-7) kelemahan isi tulisan.
|
5
|
15 %
3
2
1
|
Rekomendasi
Deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel atau buku
dengan mata kuliah
Kurang deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel atau
buku dengan mata kuliah
Sangat kurang deskripsi substansi integrasi dan interkoneksi isi artikel
atau buku dengan mata kuliah
|
SARAN-SARAN
1
Hal-hal yang kurangjelas, silahkankontak di
dalamkelasatau di kampus (08156892190).
2
Biasakanlahbekerjadenganrencana/jadwal.
Sangatkurangarifmenunda-nundapekerjaan, apalagiketikapekerjaan yang
membutuhkanperenungandanrefleksi.
3
Jadwallahtugas-tugaskuliahandakhususnya yang
menuntutpenulisanmakalah-makalah.
4
Butir 1,2 dan 3 sangat membantu
anda tidak mengalami stress/kesulitan di belakang hari.
5
Selamatbekerjakeras! DO YOUR BEST!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar