Silabus Dan S A P
Mata Kuliah : Bahasa Inggris II
Bobot : 2 SKS
Fakultas :
F U A D A H
Jurusan :
S-1 Ilmu Al Quran dan Tafsir
A.
Kompetensi
Dengan mengikuti mata
kuliah Bahasa Inggris II mahasiswa diharapkan dapat memahami Bahasa Inggris baik secara teoritis maupun secara praktis
B.
Pengalaman Belajar
Mahasiswa perlu
mengkaji : Kalimat majemuk, Kalimat komplek, Induk kalimat dan Anak kalimat, Adjective
clause, Noun clause, Adverb clause, Hubungan makna waktu dan tempat, Hubungan
makna cara, Hubungan makna sebab dan akibat, Hubungan makna syarat, Hubungan
makna pertentangan, Hubungan makna penerang kata benda.
C.
Pokok Bahasan
Pertemuan Ke -
|
Pokok Bahasan
|
1
|
Pengantar
Bahasa Inggris II
|
2
|
Kalimat
majemuk
|
3
|
Kalimat
komplek
|
4
|
Induk
kalimat dan Anak kalimat
|
5
|
Adjective
clause
|
6
|
Noun
clause
|
7
|
Adverb
clause
|
8
|
U
T S
|
9
|
Hubungan
makna waktu dan tempat
|
10
|
Hubungan
makna cara
|
11
|
Hubungan
makna sebab dan akibat
|
12
|
Hubungan
makna syarat
|
13
|
Hubungan
makna pertentangan
|
14
|
Hubungan
makna penerang kata benda
|
15
|
Evaluasi
|
16
|
U
A S
|
Dosen Pengampu
Nur Khamid, M.Hum
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : FILSAFAT
PENDIDIKAN ISLAM
Fakultas
: FTIK
Program
Studi : S-1 Program Khusus Kelas
Internasional
Semester
: II
Bobot
: 2 sks
Dosen
: Nur Khamid M.Hum
Tujuan
Dapat
mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan Dapat
memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan
masalah-masalah Bahasa Inggris kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan
dengan menggunakan teori dan rumus Bahasa Inggris, baik secara teoritis maupun
praktis.
Standar
Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan berbagai
masalah dalam Bahasa inggris, yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis Bahasa Inggris baik secara teoritis
maupun praktis, dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer secara global.
Tujuan Instruksional
Setelah
mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami :
Kalimat majemuk, Kalimat komplek, Induk kalimat dan Anak kalimat, Adjective
clause, Noun clause, Adverb clause, Hubungan makna waktu dan tempat, Hubungan
makna cara, Hubungan makna sebab dan akibat, Hubungan makna syarat, Hubungan
makna pertentangan,Hubungan makna penerang kata benda
Strategi Pengajaran
Perkuliahan
akan dilangsungkan sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian:
pertemuan pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur
perkuliahan; satu pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi
perkuliahan yang telah dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan
untuk pembelajaran rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran
yang digunakan berupa metode ceramah, cooperative
learning, tanya jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat
ditekankan pada pendekatan Contextual
Teaching and Learning.
Referensi
1. Martinet and
thomson.1995,Practical English Grammar
2.
Alexander.................Practice and Progress
3.
Darwis,Djamaluddin,1995, English for spesific purpose,Semarang: BP.IAIN Walisongo Press
4.
Soegeng,AJ dan Eko susilo,Madyo,1994,Pedoman penerjemahan,Semarang,Dahara
Prize.
5.
Hasibuan,Sofia Rangkuti,1991, Teori Terjemahan dan kaitanya dengan tata bahasa Inggris,Jakarta:Dian
Rakyat.
Bobot
Penilaian
a.
Kehadiran
: 10 %
b. Tugas :
30 %
c.
Aktivitas
Pembelajaran : 10 %
d. UTS
: 25%
e.
UAS
: 25 %
Keterangan:
a. Kehadiran:
10 % dari 14 kali kehadiran
b. Tugas
c. Kriteria
evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik
penyampaian
d. Kriteria
hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan
revisi
e. Aktivitas
pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi,
tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f. Ujian Tengah
semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari
semester satu perkuliahan
g. Ujian akhir
semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian
terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh
Rencana Perkuliahan
Perte
muan ke-
|
Topik
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar
mata Kuliah Bahasa Inggris II
|
Penjelasan
dosen & tanya jawab
|
2
|
Kalimat
majemuk,
|
Penjelasan
dosen & tanya jawab
|
3
|
Kalimat
komplek,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
4
|
Induk
kalimat dan Anak kalimat,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
5
|
Adjective
clause,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
6
|
Noun
clause,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
7
|
Adverb
clause,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
8
|
Hubungan
makna waktu dan tempat,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
9
|
Hubungan
makna cara,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
10
|
Hubungan
makna sebab dan akibat,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
11
|
Hubungan
makna syarat,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
12
|
Hubungan
makna pertentangan,
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
13
|
Hubungan
makna penerang kata benda.
|
Presentasi
mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
|
14
|
Evaluasi
|
|
Dosen
Pengampu
Nur Khamid M.Hum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar