Rabu, 03 Agustus 2016

Silabus Dan S A P

Mata Kuliah      : Bahasa Inggris II
Bobot                : 2 SKS
Fakultas            :  F U A D A H
Jurusan             :  S-1  Ilmu Al Quran dan Tafsir

A.    Kompetensi
Dengan mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris II mahasiswa diharapkan dapat memahami  Bahasa Inggris  baik secara teoritis maupun secara praktis
B.     Pengalaman Belajar
Mahasiswa perlu mengkaji : Kalimat majemuk, Kalimat komplek, Induk kalimat dan Anak kalimat, Adjective clause, Noun clause, Adverb clause, Hubungan makna waktu dan tempat, Hubungan makna cara, Hubungan makna sebab dan akibat, Hubungan makna syarat, Hubungan makna pertentangan, Hubungan makna penerang kata benda.
C.     Pokok Bahasan
Pertemuan Ke -
Pokok Bahasan
1
Pengantar Bahasa Inggris II
2
Kalimat majemuk
3
Kalimat komplek
4
Induk kalimat dan Anak kalimat
5
Adjective clause
6
Noun clause
7
Adverb clause
8
U T S
9
Hubungan makna waktu dan tempat
10
Hubungan makna cara
11
Hubungan makna sebab dan akibat
12
Hubungan makna syarat
13
Hubungan makna pertentangan
14
Hubungan makna penerang kata benda
15
Evaluasi
16
U A S


Dosen Pengampu

Nur Khamid, M.Hum



SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah           : FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Fakultas                 : FTIK
Program Studi        : S-1 Program Khusus Kelas Internasional
Semester                : II
Bobot                    : 2 sks
Dosen                    : Nur Khamid M.Hum


Tujuan
Dapat mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan   Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah Bahasa Inggris kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan dengan menggunakan teori dan rumus Bahasa Inggris, baik secara teoritis maupun praktis.  


Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan berbagai masalah dalam Bahasa inggris, yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis Bahasa Inggris baik secara teoritis maupun praktis, dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer  secara global.

Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami : Kalimat majemuk, Kalimat komplek, Induk kalimat dan Anak kalimat, Adjective clause, Noun clause, Adverb clause, Hubungan makna waktu dan tempat, Hubungan makna cara, Hubungan makna sebab dan akibat, Hubungan makna syarat, Hubungan makna pertentangan,Hubungan makna penerang kata benda


          Strategi Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa metode ceramah, cooperative learning, tanya jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Referensi
1.      Martinet and thomson.1995,Practical English Grammar
2.      Alexander.................Practice and Progress
3.      Darwis,Djamaluddin,1995, English for spesific purpose,Semarang: BP.IAIN Walisongo Press
4.      Soegeng,AJ dan Eko susilo,Madyo,1994,Pedoman penerjemahan,Semarang,Dahara Prize.
5.      Hasibuan,Sofia Rangkuti,1991, Teori Terjemahan dan kaitanya dengan tata bahasa Inggris,Jakarta:Dian Rakyat.

Bobot Penilaian



a.       Kehadiran                              : 10 %
b.      Tugas                                     : 30 %
c.       Aktivitas Pembelajaran          : 10 %
d.      UTS                                        : 25%
e.       UAS                                       : 25 %




Keterangan:
a.       Kehadiran: 10 % dari 14 kali kehadiran
b.      Tugas
c.       Kriteria evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
d.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi
e.       Aktivitas pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.      Ujian Tengah semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari semester satu perkuliahan
g.       Ujian akhir semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh



Rencana Perkuliahan




Perte
muan ke-
Topik
Keterangan
1

Pengantar mata Kuliah Bahasa Inggris II
Penjelasan dosen & tanya jawab
2
Kalimat majemuk,
Penjelasan dosen & tanya jawab
3
Kalimat komplek,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
4
Induk kalimat dan Anak kalimat,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
5
Adjective clause,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
6
Noun clause,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
7
Adverb clause,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
8
Hubungan makna waktu dan tempat,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
9
Hubungan makna cara,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
10
Hubungan makna sebab dan akibat,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
11
Hubungan makna syarat,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
12
Hubungan makna pertentangan,
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
13
Hubungan makna penerang kata benda.
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
14
Evaluasi



Dosen Pengampu


Nur Khamid M.Hum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar