RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER/RPS
A. Identitas Matakuliah
- Program Studi :
- Nama Matakuliah : Filsafat Ilmu
- Kode Matakuliah :
- Semester :
- SKS/ Bobot :
2 (dua) SKS
- Dosen Pengampu : Nur khamid M.Hum.
B. Unsur unsur RPS
Capaian Pembelajaran Lulusan:
Mahasiswa mampu menguraikan Filsafat Ilmu dalam makalah 10 halaman.
Kemampuan Akhir Tahap
Pembelajaran
|
Bahan Kajian (Materi)
|
Metode
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Deskripsi
Tugas
|
Kriteria-Indikator
|
Bobot
Penilaian
|
1. Mahasiswa memiliki kesamaan
visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu
|
Orientasi
Perkuliahan
· Maksud dan
tujuan
· Penjelasan
topik-topik
· Penjelasan sistem
perkuliahan
· Penjelasan umum
pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
|
Info search
Gallery Session
|
100 menit
|
Ringkasan 5 paragraf
|
Visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah
Filsafat Ilmu
|
5
|
2.Mampu menguraikan konsep
Filsafat dan sifat
Dasar berfikir Filsafat
|
Konsep Filsafat dan Dasar Berfikir Filsafat
· Pengertian, objek dan struktur
pembahasan filsafat
· Kelahiran filsafat: asal mula dan
· Sifat dasar berfikir kefilsafatan
|
Info search
Gallery Session
|
3x100 menit
|
makalah
7 hlm.
|
2.Pengertian, objek dan struktur pembahasan
filsafat
3.Kelahiran filsafat: asal mula dan
4.Sifat dasar berfikir kefilsafatan
|
10
|
3.Mahasiswa dapat memahami ruang
lingkup filsafat ilmu
|
Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
· Ilmu sebagai
Objek Kajian Filsafat
· Pengertian
Filsafat Ilmu
· Tujuan Filsafat
Ilmu
|
Info search
Gallery Session
|
3x100 menit
|
Makalah 8 hlm.
|
5.a.Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat b.Pengertian Filsafat Ilmu
c.Tujuan Filsafat Ilmu
|
10
|
4.Mahasiswa dapat mendeskripsikan
sejarah perkembangan ilmu
|
Sejarah
Perkembangan Ilmu
· Landasan Ilmu
pada Zaman Yunani
· Perkembangan Ilmu
dalam Islam
· Kemajuan Ilmu
Zaman Renaisans dan Modern
· Kemajuan Ilmu
Zaman Kontemporer
|
Info search
Gallery Session
|
4x100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
6.Sejarah Perkembangan Ilmu
b.Landasan Ilmu pada
Zaman Yunani
7.Perkembangan Ilmu
dalam Islam
8.Kemajuan Ilmu
Zaman Renaisans dan Modern
9. Kemajuan Ilmu
Zaman Kontemporer
|
25
|
5.Mahasiswa dapat memahami
hakikat kebenaran ilmiah
|
Kebenaran Ilmiah
· Arti Kebenaran
· Teori-Teori
Kebenaran
· Sifat Kebenaran
Ilmiah
|
Info search
Gallery Session
|
3x100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
Kebenaran Ilmiah
10.a.Arti Kebenaran
b. Teori-Teori
Kebenaran
c.Sifat Kebenaran Ilmiah
|
15
|
6.Mahasiswa dapat mendekripsikan
tentang ontologi epistemologi aksiologi
|
Ontologi : Hakikat Ilmu
Epistemology Cara
Mendapatkan
Pengetahuan Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu |
Info search
Gallery Session
|
3x100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
11.a.Ontologi
: Hakikat Ilmu b.Epistemology Cara Mendapatkan
Pengetahuan
c. Aksiologi
: Nilai Kegunaan Ilmu
|
10
|
7.Mahasiswa dapat memahami konsep
sarana ilmiah
|
Sarana Ilmiah
· Bahasa
· Matematika
· Statistik
Logika
|
Info search
Gallery Session
|
100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
12.Sarana Ilmiah
a.Bahasa
b.Matematika
c.Statistik
d.Logika.
|
10
|
8.Mahasiswa dapat mendeskripsikan
moralitas ilmu pengetahuan
|
Moralitas Ilmu
Pengetahuan
· Tanggung Jawab
Ilmuwan
· Ilmu: Bebas Nilai
atau Tidak?
· Moralitas Ilmu
Pengetahuan
|
Info search
Gallery Session
|
100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
Moralitas Ilmu
Pengetahuan
13.Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?
|
5
|
9.Mampu menguraikan tentang tantangan dan masa
depan ilmu
|
Tantangan Dan
Masa Depan Ilmu
· Kemajuan Ilmu dan
Krisis Kemanusiaan
·
|
Info search
Gallery Session
|
100 menit
|
Makalah +5 hlm
|
Tantangan Dan
Masa Depan Ilmu
14.Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
|
10
|
Ujian Akhir
Semester
|
Ujian Akhir
Semester
|
|
|
|
|
100
|
Referensi :
Amsal Bahtiar. Filsafat
Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.
John Losee. A
Historical Introduction to the Philosophy of Science, Fourth edition. New
York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun S.
Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 2007.
Louis O. Katsoff. Pengantar Filsafat.
Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad Adib. Filsafat Ilmu. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2011.
Peter S. Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg:
Edinburg University Press, 2007.
Peter Machamer. The
Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts: Blackwell
Publishers Ltd, 2002.
Redja Mudyahardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan:
Suatu Pengantar. Bandung: Rosda, 2001.
Sahotra Sarkar. The
Philosophy of Science, An Encyclopedia. New York: Routledge Taylor
& Francis Group, 2006.
Seyyed Hossein
Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. New
York: State University of New York Press, 2006.
Stefano Gattei. Philosophy
of Science. New York: Madison Ave, 2009.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu.
Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim Dosen Filsafat
Ilmu. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
Kemampuan Ahir
Tahapan Pembelajaran (KATP)
1.
Mampu menguraikan sejarah dimana manusia tidak
mempercayai agamanya dalam ringkasan 5 paragraf
2.
Mampu menguraikan arti filsafat ilmu dalam resume 3 halaman
3.
Mampu menguraikan Pengertian Renaisance 10 halaman
4.
Mampu menguraikan sejarah munculnya filsafat 8 halaman
5.
Mampu membandingkan
rasionalisme dan intusinisme dalam makalah 10 halaman
Capaian Pembelajaran lulusan (CPL)
1.
Mahasiswa mampu
menguraikan secara jelas dan ringkas
mengenai apa pengertian filsafat ilmu
dalam makalah 7 halaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar