Jumat, 26 Agustus 2016

RPS Makul Filsafat Ilmu

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER/RPS

A.     Identitas Matakuliah
  1. Program Studi                 :
  2. Nama Matakuliah            : Filsafat Ilmu
  3. Kode Matakuliah             :
  4. Semester                          :
  5. SKS/ Bobot                      : 2 (dua) SKS
  6. Dosen Pengampu           : Nur khamid M.Hum.

B.  Unsur unsur RPS
Capaian Pembelajaran Lulusan:
Mahasiswa mampu menguraikan Filsafat Ilmu  dalam makalah 10 halaman.


Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran
Bahan Kajian (Materi)
Metode
Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Deskripsi
Tugas
Kriteria-Indikator
Bobot
Penilaian
1. Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu  
Orientasi Perkuliahan
·      Maksud dan tujuan
·       Penjelasan topik-topik
·       Penjelasan sistem perkuliahan
·       Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
Info search
Gallery Session

100 menit
Ringkasan 5 paragraf
Visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu
5
2.Mampu  menguraikan   konsep Filsafat  dan sifat Dasar berfikir Filsafat
Konsep Filsafat dan Dasar Berfikir Filsafat
·     Pengertian, objek dan struktur pembahasan filsafat
·     Kelahiran filsafat: asal mula dan
·     Sifat dasar berfikir kefilsafatan
Info search
Gallery Session
3x100 menit
makalah
7 hlm.
2.Pengertian, objek dan struktur pembahasan filsafat
3.Kelahiran filsafat: asal mula dan
4.Sifat dasar berfikir kefilsafatan
10
3.Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup filsafat ilmu
Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
·      Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat
·      Pengertian Filsafat Ilmu
·      Tujuan Filsafat Ilmu
Info search
Gallery Session
3x100 menit
Makalah 8 hlm.
5.a.Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat b.Pengertian Filsafat Ilmu
c.Tujuan Filsafat Ilmu
10
4.Mahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan ilmu
Sejarah Perkembangan Ilmu

·      Landasan Ilmu pada Zaman Yunani
·      Perkembangan Ilmu dalam Islam
·      Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern
·      Kemajuan Ilmu Zaman Kontemporer
Info search
Gallery Session
4x100 menit
Makalah +5 hlm
6.Sejarah Perkembangan Ilmu
b.Landasan Ilmu pada Zaman Yunani
7.Perkembangan Ilmu dalam Islam
8.Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern
9.  Kemajuan Ilmu Zaman Kontemporer

25
5.Mahasiswa dapat memahami hakikat kebenaran ilmiah
Kebenaran Ilmiah
·      Arti Kebenaran
·      Teori-Teori Kebenaran
·      Sifat Kebenaran Ilmiah
Info search
Gallery Session
3x100 menit
Makalah +5 hlm
Kebenaran Ilmiah
10.a.Arti Kebenaran
b. Teori-Teori Kebenaran
c.Sifat Kebenaran Ilmiah
15
6.Mahasiswa dapat mendekripsikan tentang ontologi epistemologi aksiologi
Ontologi : Hakikat Ilmu Epistemology Cara Mendapatkan
 Pengetahuan Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
Info search
Gallery Session
3x100 menit
Makalah +5 hlm
11.a.Ontologi : Hakikat Ilmu  b.Epistemology Cara Mendapatkan
 Pengetahuan
c. Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
10
7.Mahasiswa dapat memahami konsep sarana ilmiah
Sarana Ilmiah
·      Bahasa
·      Matematika
·      Statistik
Logika
Info search
Gallery Session
100 menit
Makalah +5 hlm
12.Sarana Ilmiah
a.Bahasa
b.Matematika
c.Statistik
d.Logika.
10
8.Mahasiswa dapat mendeskripsikan moralitas ilmu pengetahuan
Moralitas Ilmu Pengetahuan
·      Tanggung Jawab Ilmuwan
·      Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?
·      Moralitas Ilmu Pengetahuan
Info search
Gallery Session
100 menit
Makalah +5 hlm
Moralitas Ilmu Pengetahuan
13.Tanggung Jawab Ilmuwan, Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?

5
9.Mampu  menguraikan tentang tantangan dan masa depan ilmu
Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
·     Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
·     
Info search
Gallery Session
100 menit
Makalah +5 hlm
Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
14.Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan

10
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester




100



Referensi :

Amsal Bahtiar. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.
John Losee. A Historical Introduction to the Philosophy of Science, Fourth edition. New York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2007.
Louis O. Katsoff. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad Adib. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Peter S. Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg: Edinburg University Press, 2007.
Peter Machamer. The Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts: Blackwell Publishers Ltd, 2002.
Redja Mudyahardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda, 2001.
Sahotra Sarkar. The Philosophy of Science, An Encyclopedia. New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2006.
Seyyed Hossein Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. New York: State University of New York Press, 2006.
Stefano Gattei. Philosophy of Science. New York: Madison Ave, 2009.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim Dosen Filsafat Ilmu. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Kemampuan Ahir Tahapan Pembelajaran (KATP)
1.      Mampu  menguraikan sejarah dimana manusia tidak mempercayai agamanya dalam ringkasan 5 paragraf
2.      Mampu  menguraikan arti filsafat ilmu dalam resume 3 halaman
3.      Mampu  menguraikan   Pengertian  Renaisance 10 halaman
4.      Mampu  menguraikan sejarah munculnya filsafat 8 halaman
5.      Mampu membandingkan rasionalisme dan intusinisme dalam makalah 10 halaman 
 Capaian Pembelajaran lulusan (CPL)

1.      Mahasiswa mampu menguraikan  secara jelas dan ringkas mengenai apa pengertian filsafat ilmu  dalam makalah 7  halaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar