IAIN SALATIGA
JURUSAN S-1
PENGAJARAN AGAMA ISLAM
SEMESTER GENAP
SILABUS DAN S A P
Mata
Kuliah : Filsafat
Pendidikan
Kode
:
Fakultas
: F I T K
Program Studi
: S-1 Pengajaran Agama Islam
Semester
: 2
Bobot
: 2 sks
Dosen
: Nur Khamid M.Hum
Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan
praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu,
calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang
terkait dengan memahami,
menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara
filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat
pendidikan, serta praktek pendidikan ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang
landasan dan teori pendidikan secara filosofis.
Standar Kompetensi
Mampu
memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang
terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan
menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan
tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.
Topik
1. Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan penyampaian
silabus
2. Pengertian dan landasan pendidikan
3. Ciri-ciri filsafat, misi filsafat dan urgensi filsafat
dalam pendidikan
4. Sejarah dan Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
5. Filsafat, Sains dan Agama
6. Pengertian dan penerapan Filsafat Pendidikan
7. Hubungan Filsafat dan manusia,
8. Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
9. Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
10. Filsafat
Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
11. Filsafat Pendidikan Eksistensialisme,
Pragmatisme, dan Progresivisme
12. Filsafat
Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
13. Filsafat Pendidikan
Pancasila
14.
Evaluasi
Penilaian
a.
Kehadiran
b.
Tugas
makalah
c.
Kriteria
evaluasi tugas dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
d.
Kriteria
hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan
revisi
e. Aktivitas pembelajaran, berupa kemampuan menyampaikan pendapat,
bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.
Ujian Tengah
semester
g.
Ujian akhir
semester
Referensi
ü Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat
Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
ü Sasyidin H.W. et al, Filsafat
Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan
ü Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen. Jakarta:
Visimedia
ü Abu Ahmadi dan
Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan,
Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2001.
ü Indrakusuma,
Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan,
Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2003.
ü Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2002.
ü Jalaluddin dan
Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan:
manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü Hasan
Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü Abuddin Nata,
Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü Jujun S. Suriasumantri,
Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu
Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : FILSAFAT
PENDIDIKAN
Fakultas
: FITK
Program
Studi : Pengajaran Agama Islam
Semester
: II
Bobot
: 2 sks
Dosen
: Nur Khamid M.Hum
Tujuan
Dapat mengaplikasikan kerangka
berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan.
Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan
memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan
dengan menggunakan Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan secara teoritis
dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan Filsafat Pendidikan dalam kontek
kegiatan kependidikan.
Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut
dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang
terkait dengan memahami,
menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara
filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat
pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat
pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu
mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu
memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang
terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan
menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan
tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.
Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan,
mahasiswa diharapkan mampu memahami :
1. Pembukaan
perkuliahan serta pengantar dan penyampaian silabus
2. Pengertian
dan landasan pendidikan
3. Ciri-ciri
filsafat, misi filsafat dan urgensi filsafat dalam pendidikan
4. Sejarah dan
Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
5. Filsafat, Sains
dan Agama
6. Pengertian
dan penerapan Filsafat Pendidikan
7. Hubungan Filsafat dan manusia,
8. Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
9. Analisis
Filosifis Komponen Pendidikan
10. Filsafat
Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
11. Filsafat
Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
12. Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan
Rekonstruktivime
13. Filsafat Pendidikan Pancasila
14. Evaluasi
Strategi
Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan
sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama
berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu
pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah
dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran
rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa
metode ceramah, cooperative learning, tanya
jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Referensi
ü Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat
Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
ü Sasyidin H.W. et al, Filsafat
Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen. Jakarta:
Visimedia
ü Abu Ahmadi dan
Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan,
Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, 2001.
ü Indrakusuma,
Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan,
Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2003.
ü Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2002.
ü Jalaluddin dan
Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan:
manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü Hasan
Langgulung, Manusia dan Pendidikan,
Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü Abuddin Nata,
Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü Jujun S. Suriasumantri,
Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu
Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Bobot Penilaian
a. Kehadiran
: 10 %
b. Tugas :
30 %
c. Aktivitas Pembelajaran
: 10 %
d. UTS
: 25%
e. UAS
: 25 %
Keterangan:
a.
Kehadiran:
10 % dari 14 kali kehadiran
b.
Tugas
c.
Kriteria
evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik
penyampaian
d.
Kriteria
hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan
revisi
e.
Aktivitas
pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi,
tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.
Ujian Tengah
semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari
semester satu perkuliahan
g.
Ujian akhir
semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian
terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh
Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke-
|
Topik
|
Keterangan
|
1
|
1. Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan
penyampaian silabus
|
Penjelasan dosen & tanya jawab
|
2
|
2. Pengertian dan landasan pendidikan
|
Penjelasan dosen & tanya jawab
|
3
|
3. Ciri-ciri filsafat, misi filsafat dan urgensi
filsafat dalam pendidikan
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
4
|
4. Sejarah dan Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
5
|
5. Filsafat, Sains dan Agama
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
6
|
6. Pengertian dan penerapan Filsafat Pendidikan
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
7
|
7. Hubungan Filsafat dan manusia,
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
8
|
8. Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
9
|
9. Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
10
|
10.Filsafat Pendidikan Idealisme,
Materialisme dan Realisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
11
|
11. Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme,
dan Progresivisme
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
12
|
12. Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan
Rekonstruktivime
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
13
|
13. Filsafat Pendidikan Pancasila
|
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan
Penjelasan dosen
|
14
|
Evaluasi
|
|
Dosen Pengampu
Nur Khamid M.Hum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar