Rabu, 03 Agustus 2016

IAIN SALATIGA
JURUSAN S-1  PENGAJARAN AGAMA ISLAM
 SEMESTER GENAP



SILABUS DAN S A P

Mata Kuliah           : Filsafat Pendidikan
Kode                      :
Fakultas                  : F I T K
Program Studi        : S-1 Pengajaran Agama Islam
Semester                : 2
Bobot                     : 2 sks
Dosen                     : Nur Khamid M.Hum

Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis.

Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.

Topik
1.      Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan penyampaian silabus
2.      Pengertian dan landasan pendidikan   
3.      Ciri-ciri filsafat, misi filsafat dan urgensi filsafat dalam pendidikan
4.      Sejarah dan Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
5.      Filsafat, Sains dan Agama
6.     Pengertian dan penerapan  Filsafat Pendidikan
7.      Hubungan Filsafat dan  manusia,   
8.      Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
9.   Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
10.  Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
11.   Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
12.   Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
13.   Filsafat Pendidikan Pancasila
14.  Evaluasi



Penilaian
a.       Kehadiran
b.      Tugas makalah
c.       Kriteria evaluasi tugas dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
d.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi   
e. Aktivitas pembelajaran, berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.      Ujian Tengah semester
g.       Ujian akhir semester

Referensi
ü  Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009. 
ü  Sasyidin H.W. et al,  Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü  Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü  Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü  Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü  Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü  Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü  Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü  Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü  Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
ü  Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü  Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü  Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü  Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü  Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
















SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah           : FILSAFAT PENDIDIKAN
Fakultas                 : FITK
Program Studi        : Pengajaran Agama Islam
Semester                : II
Bobot                     : 2 sks
Dosen                     : Nur Khamid M.Hum

Tujuan
Dapat mengaplikasikan kerangka berfikir filosof untuk membaca isu-isu kontemporer dalam dunia pendidikan. Dapat memberikan konstribusi yang memadai dalam membantu menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah kontemporer yang muncul dalam dunia pendidikan dengan menggunakan Teori-teori Pemikiran Filsafat Pendidikan secara teoritis dan praktis. Mampu mengetahui dan mengamalkan Filsafat Pendidikan dalam kontek kegiatan kependidikan.

Deskripsi
Filsafat yang memberikan landasan pada teori dan praktik pendidikan disebut dengan Filsafat Pendidikan. Oleh karena itu, calon pendidik, melalui Filsafat Pendidikan, dibantu memperoleh bekal-bekal dasar yang terkait dengan memahami, menjalankan, dan memecahkan berbagai persoalan dalam pendidikan secara filosofis meliputi hakikat pendidikan, manusia, aliran dan pemikiran filsafat pendidikan, serta praktek pendidikan di Indonesia dalam ditinjau dari filsafat pendidikan. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Ilmu Pendidikan berperan membantu mahasiswa memiliki pengetahuan tentang landasan dan teori pendidikan secara filosofis
Standar Kompetensi
Mampu memahami, mengkaji dan memecahkan secara filosofis berbagai masalah yang terdapat dalam proses pendidikan sehingga dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakikat pendidikan dengan berbagai komponennya yang relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan secara global.

Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami :

1.   Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan penyampaian silabus
2.  Pengertian dan landasan pendidikan   
3.  Ciri-ciri filsafat, misi filsafat dan urgensi filsafat dalam pendidikan
4.   Sejarah dan Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
5.   Filsafat, Sains dan Agama
6.   Pengertian dan penerapan  Filsafat Pendidikan
7.    Hubungan Filsafat dan  manusia,   
8.    Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
9.  Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
10.  Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
11.  Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
12.  Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
13.  Filsafat Pendidikan Pancasila
14. Evaluasi

   
  Strategi Pengajaran
Perkuliahan akan dilangsungkan sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan. Dengan rincian: pertemuan pertama berupa perkenalan, pendahuluan, dan pembahasan prosedur perkuliahan; satu pertemuan dipakai untuk UTS; satu pertemuan untuk review dan penegasan mengenai materi perkuliahan yang telah dilaksanakan; serta dua belas kali pertemuan digunakan untuk pembelajaran rincian-rincian materi kuliah. Adapun metode pembelajaran yang digunakan berupa metode ceramah, cooperative learning, tanya jawab, dan diskusi. Untuk pembahasan materi sangat ditekankan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Referensi
ü  Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009. 
ü  Sasyidin H.W. et al,  Filsafat Pendidikan, Bandung: UPI Press, 2008.
ü  Surajiyo, Ilmu Filsafat: Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
ü  Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
ü  Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia
ü  Abu Ahmadi dan Nur Unbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
ü  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
ü  Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
ü  Indrakusuma, Amir Daien, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional, 1973.
ü  Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
ü  Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
ü  Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan: manusia, Filsafat, dan Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2007.
ü  Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
ü  Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.
ü  Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
ü  Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.


Bobot Penilaian



a.       Kehadiran                              : 10 %
b.      Tugas                                     : 30 %
c.       Aktivitas Pembelajaran          : 10 %
d.      UTS                                        : 25%
e.       UAS                                       : 25 %




Keterangan:
a.       Kehadiran: 10 % dari 14 kali kehadiran
b.      Tugas
c.       Kriteria evaluasi tugas kelompok dari aspek teknik penulisan, isi, dan teknik penyampaian
d.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah teknik penulisan, isi, dan kemempuan revisi
e.       Aktivitas pembelajaran berupa kemampuan menyampaikan pendapat, bertanya, menanggapi, tanggung jawab, dan aktivitas pembelajaran lainnya
f.      Ujian Tengah semester berupa evaluasi yag diberikan setelah menjalani setengah semester dari semester satu perkuliahan
g.       Ujian akhir semester berupa evaluasi di akhir semester sebagai salah satu aspek penilaian terhadap mahasiswa setelah menjalani perkuliahan satu semester penuh



Rencana Perkuliahan



Pertemuan ke-
Topik
Keterangan
1
1. Pembukaan perkuliahan serta pengantar dan penyampaian silabus
Penjelasan dosen & tanya jawab
2
2. Pengertian dan landasan pendidikan   
Penjelasan dosen & tanya jawab
3
3. Ciri-ciri filsafat, misi filsafat dan urgensi filsafat dalam pendidikan
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
4
4. Sejarah dan Perkembangan Filsafat Barat dan Timur
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
5
5. Filsafat, Sains dan Agama
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
6
6. Pengertian dan penerapan  Filsafat Pendidikan
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
7
7. Hubungan Filsafat dan  manusia,   
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
8
8. Urgensi Filsafat Pendidikan bagi calon guru
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
9
9. Analisis Filosifis Komponen Pendidikan
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
10
10.Filsafat Pendidikan Idealisme, Materialisme dan Realisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
11
11. Filsafat Pendidikan Eksistensialisme, Pragmatisme, dan Progresivisme
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
12
12. Filsafat Pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruktivime
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
13
13. Filsafat Pendidikan Pancasila
Presentasi mahasiswa, diskusi, dan Penjelasan dosen
14
Evaluasi



Dosen Pengampu


Nur Khamid M.Hum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar